Beragam Bahasa di Kutim, Dinas Kebudayaan Konsepkan Pembuatan Kamus

Beragam Bahasa di Kutim, Dinas Kebudayaan Konsepkan Pembuatan Kamus
Sejarah
Sekretaris Dinas Kebudayaan, Nurullah.

KUTAI TIMUR - Kabupaten Kutai Timur (Kutim) merupakan salah satu daerah yang kaya akan suku dan bahasa asli. Di antaranya suku Kutai, Dayak Wehea, Dayak Kenyah, Dayak Kaayan, Dayak Basap, Dayak Bahau dan masih banyak lainnya. 

Semuanya tersebar di seluruh Kecamatan dan Desa di Kabupaten itu. Memiliki warisan budaya yang beragam, membuat Kutim memiliki berbagai macam adat, bahasa, hingga cagar budaya yang sudah ada sejak bertahun-tahun silam. 

Ini disampaikan Sekretaris Dinas Kebudayaan Kutim, Nurullah. Menurutnya, hal ini memerlukan dorongan dan dukungan supaya pengembangan dan kemajuan kebudayaan bisa berjalan dengan baik. Rabu, (8/4/2020). 

“Belum lagi bahasa, ada banyak di Kutim ini. Perlu penyusunan dalam sebuah kamus,” ujar Nurullah.

Menurutnya, perlu ada ahli bahasa, sehingga dapat menyusun bahasa tersebut. Kendati demikian, dia tidak menampik hal tersebut sedikit sulit dan menghadapi sejumlah kendala.

“Apalagi suku Dayak kan banyak sub-sub nya. Sedangkan sebagian wilayah masih tertutup dari dunia luar,” kata dia.

Tetapi, paling tidak ada penyusunan kamus berdasarkan setiap suku dan masing-masing sub-nya. “Misalnya rumah. Nah, rumah ini kan bahasa Indonesia. Kalau bahasa dayak Kenyah apa, begitu juga dayak Bahau dan lainnya,” papar dia.

Memang, lanjut dia, diperlukan kerja sama dengan berbagai pihak. Termasuk ahli bahasa dari Fakultas Ilmu Budaya dari Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda. Apalagi dirinya sempat mendengar terkait masalah kamus.

“Saya akan usulkan agar ada kerja sama dengan Unmul. Perlu kerja sama dengan orang-orang bahasa. Gak usah banyak orang yang terlibat. Sedikit saja, yang penting mau bekerja. Apalagi sekarang ada guru bahasa yang berasal dari orang dayak. Itu bisa dimanfaatkan. Tapi, masih kami konsepkan,” tuturnya. (RS) (Adv-Kominfo)


Kontributor : Eki Nugraha
Editor : Nanang Habibi
Publisher : Aulia Fasha
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar